IPSPI Selenggarakan Pelatihan Layanan Dukungan Psikososial COVID-19

Article Image

IPSPI Selenggarakan Pelatihan Layanan Dukungan Psikososial COVID-19

Jakarta, 14 April 2020 – Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) selenggarakan pelatihan layanan dukungan psikososial untuk tenaga layanan dalam merespon pandemik COVID-19.

Pelatihan dihadiri oleh 41 Tenaga Layanan/Pekerja Sosial, Dewan Pakar IPSPI dan Pengurus DPP IPSPI. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP IPSPI, Widodo Suhartoyo pada (13/1).

Dalam sambutannya, Widodo mengapresiasi tenaga layanan dukungan psikososial COVID-19 yang terpilih untuk berkontribusi memberikan pelayanan langsung kepada penerima manfaat seperti pekerja kemanusiaan yang terdampak COVID-19 (Pekerja Sosial, Tenaga Kesejahteraan Sosial, dan Relawan Sosial) serta Tenaga Medis yang menangani COVID-19 (Dokter, Perawat, dan tenaga medis lainnya).

“Tenaga Layanan Dukungan Psikososial COVID-19 adalah para Pekerja Sosial yang bertugas memberikan layanan kepada penerima manfaat untuk menimalisir dampak psikologis dan sosial dari situasi yang diakibatkan oleh COVID-19” ungkap Widodo.

Kehadiran Pekerja Sosial dinilai penting dalam penanganan COVID-19, Widodo menilai Pekerja Sosial perlu proaktif mendukung komunitas/masyarakat di Indonesia untuk melawan penyebaran virus Corona.

Peran Pekerja Sosial dapat membantu orang yang mengalami kecemasan/kegelisan, memberikan informasi dan pendidikan praktik layanan yang aman dan mendorong peran komunitas/masyarakat melalui pemberdayaan agar dapat saling mendukung.

Layanan yang diberikan Pekerja Sosial respon COVID-19 adalah edukasi psikososial, hotline dukungan psikologi awal, konseling online dan layanan rujukan. Layanan tersebut dilakukan secara profesional dan tersupervisi.

“Untuk menjadi bahan rujukan pelaksanaan respon Covid-19, IPSPI menyusun panduan praktik pekerjaan sosial dalam pandemi COVID-19 khusus bagi Pekerja Sosial Indonesia. Pekerja Sosial yang terlibat dalam respon COVID-19 juga berpegang teguh pada Kode Etik Pekerja Sosial IPSPI” tambah Widodo.

IPSPI didukung oleh Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia (KPSI), sepenuhnya mendukung WHO dan Pemerintah Indonesia dalam memerangi COVID-19 yang telah membentuk Gugus Tugas Penanganan COVID-19 serta mengembangkan seperangkat kebijakan terkait.

Berita Lainnya